Mengawali
pertemuan kita kali ini, sebelum kita belajar C++ kita harus tahu dulu tahan
demi tahan pembuatan program itu tersendiri. Mengapa harus seperti itu karena
itu kunci pokok kita dapat merancang dan mengimplementasi suatu program yang
kita ingin buat. Pada dasarnya logika suatu program terdiri dari Input-Proses-Output.
Input
|
Proses
|
Output
|
Setelah
kita mengetahui tahap-tahapan di atas sekarang kita akan mengenal terlebih
dahulu dengan header dalam C++. pada umumnya header yang sering
digunakan di dalam C++ adalah :
#include <iostream.h>
1. cout
Merupakan fungsi keluaran digunakan untuk menampilkan data atau tulisan. Bentuk penulisan : cout<<"teks"; dan cout<<variabel;
2. cin
Merupakan fungsi masukkan digunakan untuk menyimpan data dalam suatu variabel. Bentuk penulisan : cin>>variabel;
3. endl
Digunakan untuk pindah baris / enter. Bentuk penulisan : cout<<”tulisan”<<endl;
4. ends
ends merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menambah karakter null ( nilai ASCII NOL ) ke deretan suatu karakter. Fungsi ini akan berguna untuk mengirim sejumlah karakter ke file di disk atau modem dan mangakhirinya dengan karakter NULL.
#include <conio.h>
1. getch
berfungsi untuk menahan tampilan. Bentuk penulisan : getch();
2. clrscr
berfungsi untuk membersihkan layar. Bentuk penulisan : clrscr();
3. getche
Fungsi dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan ditampilkan di layar.
4. Putch
Akan menampilkan karakter ASCII dari nilai x ke layer monitor tanpa memindahkan letak kursor ke baris berikutnya.
5. Clreol
Fungsi ini digunakan untuk membersihkan layar mulai dari posisi kursor hingga kolom terakhir, posisi kursor tiak berubah.
6. Gotoxy
Fungsi gotoxy digunakan untuk memindahkan kursor ke kolom x, baris y.
#include <conio.h>
1. Printf
Merupakan fungsi keluaran. Bentuk penulisan : printf(“tulisan”); 2. Scanf
Merupakan fungsi masukan. Bentuk penulisan : scanf (“%c”, &karakter);
3. Gets
Fungsi inputan yang bisa membaca spasi. Bentuk penulisan : gets(var x);
#include <conio.h>
1. Strcpy
Digunakan untuk menyailin nilai string. Bentuk Penulisan : strcpy(string1, "teks");
2. Strlen
Untuk mengetahui panjang string.
3. Strupr
Digunakan untuk membuat string menjadi capital.
4. Strcmp
Digunakan untuk membandingkan dua buah string. Hasil dari fungsi ini bertipe integer dengan nilai : Negative, jika string pertama kurang dari string kedua. Nol, jika string pertama sama dengan string kedua Positif, jika string pertama lebih besar dari string kedua
Bentuk Penulisan : strcmp(string1, string2);
5. strlwr
Digunakan untuk mengubah huruf menjadi kecil semua.Bentuk Penulisan : strlwr(string);
6. strcat
Digunakan untuk menggabungkan string. Bentuk Penulisan : strcat(string1,string2);
#include <math.h>
1. Sqrt
Fungsi akar
2. Pow
Fungsi pangkat
3. Sin (), cos(), tan()
Masing-masing digunakan untuk menghitung nilai sinus, cosinus dan tangens dari suatu sudut. Bentuk penulisan : Sin(sudut); Cos(sudut); Tan(sudut);
4. Max
Digunakan untuk menghitung hasil pembagian dan sisa pembagian.Bentuk penulisan : max(bilangan1, bilangan2);
5. Min
Digunakan untuk menentukan bilangan terkecil dari dua buah bilangan. Bentuk penulisan : min(bilangan1, bilangan2).
#include <windows.h>
System
Digunakan untuk memberi warna. Bentuk penulisan : system("color 4f");
#include <iomanip.h>
Setiosflags()
Digunakan untuk mengatur jumlah digit decimal dibelakang koma
#include <stdlib.h>
1. Atof()
Digunakan untuk mengonfersi nilai string menjadi bilangan bertipe double. Bentuk penulisan : atof(char x);
2. Atoi()
Digunakan untuk merubah tipe data string menjadi integer.
3. Pow
Digunakan untuk pemangkatan suatu bilangan. Bentuk penulisan : pow(bilangan, pangkat).
Setelah kita mengetahui tipe header dan fungsinya, sekarang kita akan mengenal dengan yang namanya tipe data dalam C++ yang sering digunakan di dalam C++ adalah :
1. cout
Merupakan fungsi keluaran digunakan untuk menampilkan data atau tulisan. Bentuk penulisan : cout<<"teks"; dan cout<<variabel;
2. cin
Merupakan fungsi masukkan digunakan untuk menyimpan data dalam suatu variabel. Bentuk penulisan : cin>>variabel;
3. endl
Digunakan untuk pindah baris / enter. Bentuk penulisan : cout<<”tulisan”<<endl;
4. ends
ends merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menambah karakter null ( nilai ASCII NOL ) ke deretan suatu karakter. Fungsi ini akan berguna untuk mengirim sejumlah karakter ke file di disk atau modem dan mangakhirinya dengan karakter NULL.
#include <conio.h>
1. getch
berfungsi untuk menahan tampilan. Bentuk penulisan : getch();
2. clrscr
berfungsi untuk membersihkan layar. Bentuk penulisan : clrscr();
3. getche
Fungsi dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan ditampilkan di layar.
4. Putch
Akan menampilkan karakter ASCII dari nilai x ke layer monitor tanpa memindahkan letak kursor ke baris berikutnya.
5. Clreol
Fungsi ini digunakan untuk membersihkan layar mulai dari posisi kursor hingga kolom terakhir, posisi kursor tiak berubah.
6. Gotoxy
Fungsi gotoxy digunakan untuk memindahkan kursor ke kolom x, baris y.
#include <conio.h>
1. Printf
Merupakan fungsi keluaran. Bentuk penulisan : printf(“tulisan”); 2. Scanf
Merupakan fungsi masukan. Bentuk penulisan : scanf (“%c”, &karakter);
3. Gets
Fungsi inputan yang bisa membaca spasi. Bentuk penulisan : gets(var x);
#include <conio.h>
1. Strcpy
Digunakan untuk menyailin nilai string. Bentuk Penulisan : strcpy(string1, "teks");
2. Strlen
Untuk mengetahui panjang string.
3. Strupr
Digunakan untuk membuat string menjadi capital.
4. Strcmp
Digunakan untuk membandingkan dua buah string. Hasil dari fungsi ini bertipe integer dengan nilai : Negative, jika string pertama kurang dari string kedua. Nol, jika string pertama sama dengan string kedua Positif, jika string pertama lebih besar dari string kedua
Bentuk Penulisan : strcmp(string1, string2);
5. strlwr
Digunakan untuk mengubah huruf menjadi kecil semua.Bentuk Penulisan : strlwr(string);
6. strcat
Digunakan untuk menggabungkan string. Bentuk Penulisan : strcat(string1,string2);
#include <math.h>
1. Sqrt
Fungsi akar
2. Pow
Fungsi pangkat
3. Sin (), cos(), tan()
Masing-masing digunakan untuk menghitung nilai sinus, cosinus dan tangens dari suatu sudut. Bentuk penulisan : Sin(sudut); Cos(sudut); Tan(sudut);
4. Max
Digunakan untuk menghitung hasil pembagian dan sisa pembagian.Bentuk penulisan : max(bilangan1, bilangan2);
5. Min
Digunakan untuk menentukan bilangan terkecil dari dua buah bilangan. Bentuk penulisan : min(bilangan1, bilangan2).
#include <windows.h>
System
Digunakan untuk memberi warna. Bentuk penulisan : system("color 4f");
#include <iomanip.h>
Setiosflags()
Digunakan untuk mengatur jumlah digit decimal dibelakang koma
#include <stdlib.h>
1. Atof()
Digunakan untuk mengonfersi nilai string menjadi bilangan bertipe double. Bentuk penulisan : atof(char x);
2. Atoi()
Digunakan untuk merubah tipe data string menjadi integer.
3. Pow
Digunakan untuk pemangkatan suatu bilangan. Bentuk penulisan : pow(bilangan, pangkat).
Setelah kita mengetahui tipe header dan fungsinya, sekarang kita akan mengenal dengan yang namanya tipe data dalam C++ yang sering digunakan di dalam C++ adalah :
Tipe Data
|
Fungsinya
|
Char
|
|
Int
|
|
Short
|
|
Long
|
|
Float
|
|
Double
|
|
Long Double
|
Setelah
kita mengetahui header dan tipe data selanjutnya kita juga
harus mengetahui Konstanta dan Variabel.
KONSTANTA
Konstanta adalah suatu nilai yang
sifatnya tetap. Secara garis besar konstanta dapat dibagi menjadi dua bagian,
yaitu:
A.
Konstanta
Bilangan
Dalam hal ini konstanta bilangan
dibagi menjadi tiga kelompok, antara lain;
1.
Konstanta Bilangan Bulat.
Adalah bilangan yang tidak
mengandung titik desimal. contoh :
1,2,3,100,... dst.
2.
Konstanta Desimal berpresisi tunggal (Floating
Point)
Konstanta Floating Point, mempunyai
bentuk penulisan, yaitu :
a.
Bentuk Desimal (contoh : 5.57)
b.
Bentuk Eksponensial / Bilangan berpangkat (contoh : 4.22e3 > 4.22 x 103)
3.
Konstanta Desimal berpresisi ganda (Double precision)
Konstanta Double precision, pada prinsipnya sama seperti
konstanta Floating Point, tetapi Konstanta Double Precision mempunyai daya
tampung data lebih besar.
B.
Konstanta
Teks
Dalam hal ini konstanta teks dibagi
menjadi dua kelompok, antara lain:
1.
Data karakter (Character)
Data karakter hanya terdiri dari sebuah karakter saja yang
diapit oleh tanda kutip tunggal ('). Data karakter dapat berbentuk abjad (huruf
besar kecil), angka atau notasi atau simbol. contoh : 'A', 'a', '0'. '&' dll.
2.
Data Teks (String)
Data string merupakan rangkaian dari beberapa karakter yang
diapit oleh tanda kutip ganda ("). contoh
: "Virus", "BelajarC++" dll.
Deklarasi Konstanta
Bentuk deklarasi konstanta diawali
dengan reserved word const.
Bentuk penulisan :
const
tipe data nama_variabel = nilai
konstanta;
|
contoh : const
int x=90;
atau
tipe
data nama_variabel = nilai
konstanta;
|
contoh : float
phi=3.14;
VARIABEL
Variabel adalah suatu tempat
menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang
dapat berubah-ubah selama proses program. Dalam pemberian nama variabel,
mempunyai ketentuan-ketentuan antara lain :
1.
Tidak boleh ada spasi (contoh : gaji_bersih) dan
dapat menggunakan tanda garis bawah (_) sebagai penghubung.
2.
Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan
operator aritmatika.
Variabel, dibagi menjadi dua jenis kelompok, yaitu :
A. Variabel
Numerik
Variabel numerik ini dibagi menjadi
3 macam :
1.
Bilangan Bulat atau Integer (int)
2.
Bilangan Desimal berpresisi tunggal atau
Floating Point
3.
Bilangan Desimal berpresisi ganda atau Double
precision
B. Variabel
Text
1.
Character (Karakter Tunggal)
2.
String (Untuk rangkaian karakter)
Deklarasi Variabel adalah proses
memperkenalkan variabel kepada Borland C++ dan pendeklarasian tersebut bersifat
mutlak karena jika tidak diperkenalkan terlebih dahulu maka Borland C++ tidak
menerima variabel tersebut. Deklarasi variabel ini meliputi tipe variabel,
seperti integer atau character dan nama variabel itu sendiri. Setiap kali
pendeklarasian variabel harus di akhiri oleh tanda titik koma (;).
Bentuk Penulisanya :
tipe
data nama_variabel;
|
Contoh :
//tipe data .
. . . variabel
Int angka;
char nama[20]; //character to
string (karakter berubah menjadi string)
char grade;
float disk=0.2; //deklarasi tipe data nama_variabel konstanta
Setelah
tahapan di atas kita masuk ke-Statement atau dalam kata lain yaitu
isi dari suatu program yang ingin kita buat. tahap selanjutnya silahkan klik
tanda panah disamping ini →
Penulis : Alfian Afrialdy
0 komentar:
Posting Komentar